Sabtu, 25 April 2015

Rumah Pulau

-     Pengertian rumah pualu  
Rumah pulau merupakan rumah yang terdiri dari pulau pulau mini yang berada didalam maupun di luar rumah, yang berfungsi sebagai penghias ruangan dan juga pembantu fungsi suatu ruangan. selain dari pada itu, dengan adanya suara aliran air, akan memberikan suasana ketenangan.hal ini juga sepadan dengan penghuni yang menggenggam profesi apa pun juga.
-     latar belakang
Penentuan tema dan konsep oleh pemilik rumah tidaklah terlepas dari kehadiran arsitek, dimana arsitek memegang peran yang sangat penting dalam membantu pemilik rumah untuk mewujudkan rumah impiannya. Arsitek berperan dalam menemukan kesesuaian antara kebutuhan ruang yang dibutuhkan pemilik rumah dengan lahan yang tersedia, apakah seluruh kebutuhan pemilik rumah itu dapat dengan nyaman diisi ke dalam lahan rumah yang tersedia. Selain itu, arsitek juga memegang peranan penting dalam menjaga aspek-aspek penting dalam bangunan, yang meliputi besaran dan skala bangunan, nuansa ruangan yang tercipta di dalam bangunan, hingga yang terpenting adalah mempertahankan prinsip-prinsip dasar bangunan bagi kita yang tinggal di daerah tropis, antara lain prinsip-prinsip dasar pencahayaan dan pengudaraan alami. Dengan mempertahankan prinsip-prinsip dasar ini, arsitek juga turut membantu pemilik rumah untuk menciptakan desain rumah tinggal yang nyaman, sehat, dan memiliki karakter tema bangunan yang kuat dan sesuai.
Banyak rumah yang di desain dengan suasana monoton, sehingga penghuni kurang merasakan ketenangan di dalam rumah, sehingga pada tugas kali ini di buat bernuansakan kolam kolam, agar dapat memicu kebetahan berada didalam rumah.
Ketenangan juga kerap sekali kurang di pertimbangkan didalam mendesain rumah. Sebab itu juga yang memunculkan tugas konsep desain saya kali ini bernuansakan air mengalir yang memicu ketenangan.
Ada beberapa rumah yang kurang mempertimbangkan energi listrik, dalam arti pemborosan energi. Harusnya didalam konsep serta penyajiannya hal tersebut perlu di pertimbangkan.
Adat budaya Indonesia memiliki banyak keindahan, terutama bentuk karakteristik rumah adatnya. Hal tersebut juga dapat kita manfaatkan dalam mendesain rumah.

I.    Desain Eksterior
A.  Pintu Utama
Pada tampak depan rumah, terkhusus pada bagian teras rumah terdapat sebuah elemen penutup di depan pintu. fungsi dari elemen tersebut adalah sebagai penutup pintu,agar supaya aktifitas didalam rumah tidak langsung terlihat dari luar meskipun pintu terbuka.











B.  Pulau
terdapat pula sebuah pulau yang menjalar masuk kedalam rumah dimana dilengkapi dengan jendela kaca yang cukup besar yang dapat melihat aliran air dari dalam ke luar ruangan, yang dapat memicu ketenangan di dalam ruangan tersebut.












C.  Pentilasi Asbes
pada bagian atap rumah terdapat pentilasi udara yang berfungsi mengatur sirkulasi udara pada bagian asbes rumah. hal tersebut akan mengrangi hawa panas didalam ruangan.














II.   Konsep Desain Interior

a.  ruang tamu

B.  ruang keluarga














C.  ruang kerja















D.  ruang tidur utama















E.  ruang tidur anak















F.  ruang makan
















G.  dapur
















H.  kamar mandi















I.   studio















j.   gazebo

















Aliran air adalah suatu bagian yang mengundang ketenangan.hingga di dalam konsep desain ini ditampilkan dengan suasana penuh aliran air melalui pulau pulau kecil.hal terebut disisipkan agar supaya mampu memacu ketenangan di dalam rumah.Dapat kita lihat di bagian bagian interior rumah, selalu disisipkan ataupun ada hubungan dengan air.Hal itu juga agar memperkecil suasana kebosanan,dalam arti memberi daya betah tinggal terhadap penghuni rumah tersebut. ditambah dengan pengadopsian budaya indonesia ke ruang lingkup arsitektur, akan lebih memperkenalkan adat budaya arsitektur indonesia ke dunia luar,melalui adat budaya yang ada di indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar