Eco Office adalah kantor peduli lingkungan yang telah
mewujudkan penerapan sistem manajemen lingkungan dalam kegiatan perkantoran.
Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kantor yang bersih, indah, nyaman serta
menyehatkan. Selain itu Eco Office bertujuan juga untuk meningkatkan
efektifitas dan efisiensi pemakaian sumber daya alam.
"Prakteknya yang bisa dikerjakan antara lain adalah
penghematan listrik dan air, penggunaan kertas seefisien mungkin, memilah
sampah organik dan non organik. Yang paling penting adalah mengubah
perilaku," ujar Kepala Bagian Bilateral Kementerian Lingkungan Hidup (KLH)
Daisy Joyce Djohor.
Hal itu dia katakan saat berbincang dengan detikcom dalam
acara Pekan Lingkungan Indonesia yang diadakan di Jakarta Convention Center,
Senayan, Jakarta, Sabtu (5/6/2010).
Joyce mengatakan KLH sudah sejak 2006 menerapkan Eco Office
dilingkungan kementerian. Sasaran diterapkannya Eco Office tersebut adalah
mengubah sikap dan perilaku individu kantor untuk lebih peduli lingkungan dan
melakukan penghematan biaya operasional kantor terkait aspek lingkungan.
"Memberikan kenyamanan bagi individu yang berada di
lingkungan kantor KLH dan sekitarnya," imbuhnya.
Menurut Joyce yang juga sebagai salah satu pencetus konsep
Eco Office di KLH ini, kementeriannya sudah melakukan kampanye dan sosialisasi
kepada kementerian lain dan juga perusahan-perusahan swasta untuk menerapkan
Eco Office.
Konsep Eco Office ini tidak akan berjalan maksimal jika
individu-individunya belum sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.
"Harus ada kemauan untuk merubah perilaku, tidak akan
merubah jika tidak ada kemauan. Keuntungan tidak hanya bagi kantornya tapi bagi
dirinya sendiri," jelasnya.
Joyce mencontohkan lingkungan kerja yang nyaman juga bisa
meningkatkan kinerja kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Hal itu dapat
disiasati dengan menaruh tanaman hijau di ruangan kerja kita.
"Ada tanaman di ruang kerja itu untuk menghilangkan
kejenuhan, menambah oksigen, walaupun tidak signifikan tapi cukup
berpengaruh," ungkapnya.
Selain itu Joyce menyarankan untuk penggunaan karpet di
lingkungan kerja sebaiknya dikurangi karena hanya menyimpan debu yang akan
mengganggu pernafasan kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar